Setup Live Streaming Bareng Budi Pasadena Studio

 Artikel ini ditulis untuk membahas setup live streaming yang sering kita pakai. Umumnya sih dipakai untuk webinar, training online dan kadang - kadang buat jamming online musik (khususnya di setup yang pakai audio interface banyak setup).

1. Setup pertama.

Paling simple ini, kita lakukan pada saat awal - awal pandemi, tanpa meja. Hanya menggunakan laptop dan headset bawaan handphone Samsung. Resikonya cuman satu. Pegel. Haha. Kualitas video dan audionya seadanya tanpa bisa atur angle video dan gain suara. 

Setup Live Streaming Lesehan

2. Setup kedua nah ini lebih ribet.

Kita pakai webcam dari bekas hape Samsung J1 mini. Kita pakai hape lawas ini sebagai webcam mengunakan aplikasi Droidcam untuk mengkoneksikan handphone dengan laptop menggunakan kabel USB.

Kemudian untuk suara kita pakai mic Samson C01 yang di colok ke audio interface Behringer UMC404HD yang lewat jalur usb juga. Total ada 3 colokan USB yang terpakai. 1 untuk cam, 1 untuk audio interface dan 1-nya buat dongle mouse wireless.

Nah untuk di aplikasi Zoom setting videonya kita arahkan ke virtual cam aplikasi Droidcam, sementara audionya kita arahkan ke mic input dari Behringer UMC404HD. Sementara untuk headphone supaya bisa bersembunyi di dalam jilbab kita masih pakai headset bawaan handphone Samsung. 

Untuk laptopnya kita pakai laptop HP i5 4 GB Ram aja, Cukup buat kerjaan office sederhana dan blogging.  

Setup Live Streaming Standart

3. Setup ke tiga, bisa juga dibilang sebagai sistem backup. 

Yaitu sebuah tablet Samsung S6 Lite lengkap dengan pensil. Kita juga pakai headset Logitech 151 buat komunikasinya. Setup ini bebas listrik dan sudah ada provider tersendiri untuk koneksi internetnya. Jadi kalo ada kejadian listrik mati (dan internet rumah biasanya ikutan mati karena routernya mati juga kan) bisa segera pindah tanpa perlu waktu yang lama.  

Setup Live Streaming Backup System

Setup ini kita pasang di rumah. Sedangkan untuk di studio tidak jauh berbeda (mungkin hanya beda pakai komputer PC).



Posting Komentar

0 Komentar