Tips Merekam Audio Di Nuendo


1.   Pastikan sinyal Audio bebas dari noise dan hum. Penyebab dari perasalahan ini adalah, penggunaan kabel dan konektor yang kurang bagus, solderan antar koneksi yang tidak kokoh, kualitas catu daya /   bateray yang dipakai kurang bagus,system grounding yang jelek dan kualitas sumber bunyi itu sendiri.
2.   Pelajari Input Output dari sinyal Anda. Dalam hal ini Anda akan beberapa mengenal jenis sinyal audio yang biasa ada dalam lingkungan recording Audio.
MIC Signal : berasal dari sumber bunyi yang berupa tranduscer yang dapat berbentuk MIC. Untuk merekam bunyi dari MIC, Anda memerlukan pre-amp untuk menambah gain dan mengaktifkan Phantom Power jika Anda menggunakan Mic jenis condenser.
Instrumen Signal : berasal dari sumber bunyi output instrumen dari gitar, bass, biola yang menggunakan PICK UP. Untuk merekam sinyal dari instrumen tadi Anda memerlukan sebuah Direct BOX (DI-BOX) dan pre-amp untuk mendapatkan kualitas sinyal yang baik.
Line Signal : berasal dari sumber bunyi elektronik seperti out dari efek Gitar, Keyboard, Grove Box, Tape Line Out. Anda tinggal mencolokan out dari alat-alat tersebut langsung ke soundcard dengan fasilitas Line In. Anda juga dapat menambahkan pre-amp untuk menambahkan karakter tertentu dan gain yang cukup dan hangat.
Phono Signal : berasal dari sumber bunyi perangkat DJ, biasanya menggunakan colokan Phono RCA. Disini Anda membutuhkan pre-amp Phono agar sinyal yang Anda rekam memiliki gain yang cukup agar dapat ditangkap dengan baik oleh soundcard.

Posting Komentar

0 Komentar