Singgih Sanjaya Berkolaborasi dengan PSM UGM


by Budi Pasadena on Dec. 2, 2009, under Music

01-12-2009 12:14

Taman Budaya Jogjakarta semenjak 11 November pagi telah dipenuhi team produksi pagelaran Singgih Sanjaya Orchestra yang berkolaborasi dengan PSM UGM.
Perlunya sebuah dokumentasi yang baik, telah disadari oleh panitia, oleh karena itu mereka menginginkan 3dB merekam show yang mereka laksanakan pada tanggal 12 November 2009 untuk memperingati dies natalies UGM.

PERSIAPAN
Awalnya kami tertarik sekali untuk merekam permainan sebuah orchestra yang notabene akan dipentaskan disalah satu gedung andalan kota Gudeg. Selasa, 2 hari sebelum konser, kami sempatkan diri untuk melihat prosesi latihan mereka disalah satu gedung ISI Jogja. Sebuah perkenalan manis antara 3dB dan team produksi Singgih Sanjaya terjadi disela – sela mereka usai latihan.
Cukup asyik, sampai kami lupa waktu.
Keesokkanya kami bertemu di TBY, untuk menyaksikan gladi resik yang terakhir. Pertama kali memasuki control room TBY cukup terkejut. Sistem PA yang didesain rapi sekali, enak dipandang dan ACnya dingin.
Basi – Basi pun berlanjut dengan sebuah perkenalan dan menceritakan tentang sistem yang digunakan dalam rekaman kali ini.
Usai mengetahui letak dan teknis kami merekam, kami mencoba merekam latihan mereka sebagai sebuah preview sebelum merekam beneran pas show berlangsung.
Malam itu kami tutup dengan sebuah makan malam yang kenyang dan dapat berharap fresh esok hari.

THE SHOW
Pukul 4 sore kami berangkat, mempersiapkan alat – alat kami. Berbeda dengan rekaman gladi resik kemarin, Kami menambahkan sebuah SD442 sebagai mixer tambahan. Tujuannnya kami ingin merekam sebuah track khusus yang bersumber dari MIC Ambience.
Kali ini sebuah mic mono ambience di set polar patternnya dalam modus OMNY.
Peletakkany terpaksa mengalah dengan pihak video dokumentasi karena mereka menganggap MIC tadi mengganggu pandangan kamera. Okelah.
Pukul 19.30 Show di mulai, kami berada di control room sembari mengamati besar sinyal yang masuk. Sebuah pertunjukan orchestra memiliki tingkat dinamika yang sangat lebar, Berkali – kami mengatur gain input di masing – masing channel agar tidak peak saat masuk ke recorder system. Yah pegel – pegel dikit gak papa.
Jeda ditengah show membuat kami dapat beristrihat menikmati suguhan panitia, singkat namun dapat meningkatkan konsentrasi.
Acara dilanjutkan kembali.
Tepat pukul 21.45 acara ditutup dengan riuh penonton yang merasa puas dengan pertunjukan yang denger – denger dibandrol sangat murah tiket masuknya. Sebuah konser orchestra yang tahu betul kemampuan audiensnya.
Sistem kami berjalan mulus, merekam dengan total 2 jam secara kontinue laptop tetep aman – aman saja.
Terimakasih untuk team produksi yang ontime dan cekatan. Kami tunggu pertunjukan yang lebih akbar.
Salam,
BP

Posting Komentar

0 Komentar