CPU dan RAM untuk Produksi Audio Home Recording

Masalah CPU dan RAM dalam recording bisa diatasi dengan pemilihan software yang tepat dan setting plugin yang ideal. (ga semuanya harus di install dan dipakai).
dibawah ini adalah CPU dan RAM yang digunakan pada system komputer jadulku. spek i3 gen 4 dan ram 8GB. yang spesial apanya ?


1. Ringan dan Murah. CPU dan RAM ini harganya cukup murah, karena sudah berumur lebih dari 5 tahun. 
2. OS Win 7, dan pada saat di test dibelakang sedang jalan 51 track (18 instrument track dari Xpand bawaan Protools MP8 (jadul) dan 33 track yang berisi Audio, 3 buah AUX BUSS GROUP, dan 1 Buah Dverb). Cukup asyik kan pake software lawas. Ini setting untuk music scoring Animasi Bilu Mela. (https://entertainment.kompas.com/read/2015/04/28/204241310/.Bilu.Mela.Seri.Animasi.Indonesia.di.Kancah.Internasional)  
3. Saya jalankan juga Browser OPERA dengan 4 Tab terbuka (facebook, twitter, gmail, dan youtube). Jadi kerja masih bisa aktif di dunia maya.
4.  Komputer jalan tanpa lag, aman, bunyi enak dengan jalan di 128 buffer size ProTools dengan card M-Audio 1010LT (sekali jadul dengan iLok Merah gen1). 
5. Dengan konfigurasi seperti itu. Penggunaan CPU skitar 20% (kalo pas playback banyak track bunyi bareng bisa naik ke 30% dan ram masih sisa 4GB (hanya kepakai separuh dari total RAM yang terinstal).
Poin penting dari setup ini adalah, saya belum perlu upgrade ke system yang lebih baru karena masih tercukupi. Saya ga perlu pakai peralatan "terbaru" karena belum ada komplain dari pelanggan. Jadi jangan tergoda kalo ada software atau hardware model baru, kalo belum "terlalu" membutuhkan.

Salam.
Budi Pasadena

Posting Komentar

0 Komentar