Alasan saya membuat Buku Panduan Mudah Membuat Studio Rekaman di Rumah


Pada hakikatnya musik adalah kaidah bunyi yang terstruktur yang terwujud dari perasaan manusia yang ingin berekspresi. Peranan nada dan harmoni membuatnya mampu menyampaikan pesan dari hati ke hati melalui frekuensi bunyi. Tidak ada yang berubah pada tatanan dasarnya, namun medium yang berkembang membuat musik selalu hidup di tiap peradaban manusia.
Generasi komputerasasi sebagai barang massal, tidak menanaktirikan musik untuk tidak menggunakan media digital. Setelah mentransformasi bentuk dari Kaset, CD dan format digital (MP3), yang otomatis merubah cara membuat musik itu sendiri.
Ibarat Microsft Word yang merevolusi peran mesin ketik, Komputer merevolusi cara memproduksi musik, mulai dari partitur digital, recording digital dan distribusi digital seperti i-Tunes. Recording digital menjadi sangat menarik di era ini. Saat media rekam menggunakan pita (analog) tidak semua orang berkesempatan untuk merekam karya musiknya. Mereka harus menggunakan studio besar yang memiliki peralatan besar, besar dalam arti fisik dan dalam arti finansial.
Medium laptop yang popular diawal abad 21, membuat musisi mempermudah karya mereka terekam. Bermodal alat musik (seperti gitar), bahkan Virtual Instrument (software musik yang mensimulasi bunyi alat musik asli) musisi era abad ini membuat musik semudah menulis kata di notepad. Sangat portabel, mudah untuk diedit dan disimpan serta siap diakses kapan saja tanpa ada penurunan kualitas.
Sebagai teknologi yang baru, perlu dukungan dan akses perubahan menggunakan metode workshop dan modul pengajaran yang mempergunakan bahasa dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat musik di sebuah negara. Minimnya buku tutorial dalam bahasa Indonesia, dijadikan sebuah peluang oleh penulis untuk membuat buku yang berisi tips dan informasi mendasar tentang recording digital. Dan terpilihlah judul :Panduan Mudah Membuat Studio Rekaman di Rumah, sebuah buku sederhana bagaimana membuat studio rekaman yang digunakan oleh musisi rumahan.
Ini adalah sebuah referensi yang penting bagi tiap musisi. Musisi harus dimudahkan saat memproduksi musik, sama mudahnya mereka mendengarkan musik. Kemunculan buku ini di pasaran didasarkan pada minat musisi yang terus meningkat akan keperluan ilmu recording selain keinginan pribadi penulis untuk berbagi pengalaman serta ilmu.
Terima kasih untuk pertemuan musik dan teknologi. Keduanya saling menarik untuk mempertahankan diri, dan tentunya memajukan kualitas manusia untuk bertingkahlaku seni sebagai penyeimbang hidup.

Posting Komentar

0 Komentar