Q&A bersama Budi Pasadena tentang Home Recording


Q: sebetulnya apa yang perlu dibangun untuk masuk industri home recording ?
A: ini bisnis yang menggabungkan art dan unsur teknis audio yang kuat. baik secara teori dan akal2an. yang bertahan adalah orang kuat akan dua hal itu.
Q: apakah susah memulainya?
A: susah, jika belum punya dasarnya dan asal beli alatnya.
Q: apakah harus ada pengalaman?
A: mesti, orang yang sudah pernah kerja di Live Sound, akan lebih gampang. karena piranti home recording replika dari itu semua.
Q: harusnya belajar dari ahli?
A: yup. supaya punya shortcut, dan tidak mules ditengah jalan. kalo bisa bhs inggris, lebih memudahkan belajar dan banyak material free dari youtube.
Q: apakah semudah belajar Photoshop?
A: yah ini kesalahan yang sering terjadi, banyak orang memanjakan matanya ketika ngulik sound, padahal yang dimanjakan adalah telinganya. yang artinya dengarkan dan kulik sampe terdengar bagus.
Q: kriteria sound bagus?
A: kebanyakan orang akan bilang selera, tapi saya punya parameter baru. yakni sound yang sedekat mungkin dengan referensi klien.
Q: apakah industri ini memberikan keuntungan yang besar?
A: saya bilang ya, asal hati-hati dan tidak kalap beli alat, pasti bisa untung besar.
Q: apakah kualitas home recording bisa sama dengan studio besar?
A: bisa, kalo yang main sama. artis bagus dimana saja recordingnya bagus.
Q: sejak usia berapa dianggap layak mengoperasikan home recording?
A: usia tidak penting, tapi kapasitas orang bisa mengoperasikan komputer sejak dini, kaya referensi akan telinga dan punya semangat, hidupku buat sound.
Q: apa yang sering Anda keluhkan?
A: anak band yang ga disiplin, dan Listrik PLN yang naik turun voltasenya.
Q: harusnya softwarenya aslinya semua?
A: beli aja soundcard yang sudah bundling dengan software bawaan. lebih legal dan murah.
Q: kan terbatas kemampuannya.
A: kalo untuk pemula, saya rasa udah cukup. kalo udah merasa terbatas, apakah klien mengeluhkan hal ini? kalo iya saatnya untuk upgrade dan kliennya suruh bayar lebih mahal.
Q: anda fanatik dengan software?
A: ya. untuk home recording lebih mudah dan murah menggunakan PC. kalo hardisk jebol atau mau upgrade memory tinggal naik motor dan beli toko komputer kurang dari 5km. kalo mac agak mahal maintenancenya. untuk software recordingnya sendiri, BEBAS. yang sreg di hati aja.
Q: seberapa sering anda dikomplein klien?
A: lebih tepatnya dikasih saran sama klien. harus gini soundnya, harus tebel, harus keras. sebatas itu aja sih. kalo klien habis2an jarang sekali, kecuali artisnya salah arransemen dan kita sering disuruh sulapan jadi bagus.
Q: sebesar apa tanggung jawab Anda?
A: saya ajak artisnya rekaman ditempat saya, saya suguhi minum biar senang, jaga mood artisnya supaya rekamannya bagus, dan menyadarkan konsep rekaman dan bisnisnya. seperti efisiensi shift, saran produksi yang bagus dan termin pembayaran yang pas.
Q: Anda banyak mendidik, tidak takut saingan?
A: pasti ada ketakutan, tapi saya juga banyak belajar dari teman2 yang belajar bareng, dan tau siapa yang baik dan curang. banyak yang hidup dari home recording, ketakutan saya dibayar dengan rasa bangga bisa ngajarin orang cari makan dari situ.
Q: adakah inovasi di bisnis ini?
A: selalu ada. dimana semua bisa menjadi sangat LOW COST. yang sering jadi kendala LOW COST ini sering diikuti dengan LOW Quality. dan disitulah ada inovasi.
Q: pesan2 buat yang mau masuk home recording?
A: sabar dengan teknologi dan jangan kehilangan sisi Artnya.
Q: ok. terima kasih budi pasadena
A: sama – sama

Posting Komentar

0 Komentar