REKAMAN LIVE ON LOCATION RECORDING


PRODUKSI REKAMAN DI LOKASI KLIEN
ON LOCATION RECORDING
Sebelum pandemi, saya melayani produksi rekaman di #studio milik pelanggan. Kali ini produksi musik religi yang melibatkan pemain keyboard, gitar, 3 backing vocal dan 1 penyanyi solo.
Proses rekamannya live, alias langsung bareng - bareng tanpa edit untuk 10 lagu sekaligus. (perlu stamina tinggi kalo live gini dan tentunya pastikan space harddisknya cukup dan tidak bad sector).
Alat yang dibawa :
1. laptop isi daw protools
2. audio converter banyak input
3. mic
4. cable interkoneksi audio, listrik
5. stand mic
6. headphone amp (buat bagi headphones ke pemain)
7. Headphone, beberapa talent ada yang bawa sendiri.
8. backup hardisk (sapa tahu mati).
9. genset ? kalo live peform didepan banyak penonton perlu. kalo yang sesi ini kan sesi tanpa penonton, jadi bisa di ulang re-takenya.

Pasti penasaran dong biayanya ya? Pasti lebih mahal kalo sesi di studio yang sudah diset. karena lebih praktis. Namun keuntungannya sesi live on location gini.
1. Live session momentumnya lebih nyaman ke pemain, karena pemain sudah kenal lokasi, lebih nyaman, lebih tertib secara jadwal (ga ada istilah nunggu player A, B) kerena dilakukan distudio mereka sendiri.
2. Sesi rekaman jadi lebih akrab dan tidak tegang. kalo capek yang istirahat dulu, kalo waktu shalat masuk yang shalat wajib jamaah dulu. TIDAK ADA TEKANAN WAKTU.
3. Kata produserku, walau biaya rekamannya lebih mahal (karena bawa alat segambreng), kalo ditotal - total di akhir JAUH LEBIH MURAH BANGET!!!. karena dalam 1 hari bisa rekaman 10 lagu sekaligus, biaya konsumsi, cepatnya waktu produksi dan tidak boros waktu bagi pemain musik. Jadi setelah selesai rekaman mereka masih bisa nge_job lagi ditempat lain. Sungguh Murah katanya.
Jadi mahal disisi produksi on location, tapi murah disesi waktu dan efisiensi produksi.

Coba ini diterapkan di band, jadi dalam 1 hari band bisa produksi 1 album. Simple dan lebih irit waktu.

Posting Komentar

0 Komentar