Memilih Sound Engineer dengan tepat


Mengenal sound engineer dalam mengerjakan proyek kreatif musik seperti band & film mixing adalah step pertama dalam memilih kemana pre, production & post production dikerjakan.
Sound Engineer yang layaknya dikenal dengan bahasa “operator” menjadi penting saat para musisi dan sutradara mengalihbahasakan keinginan kreatif mereka tentang sound agar mampu diterima maksud oleh audiens.
Sound Engineer harus tahu betul SELERA, CARA BERFIKIR serta MEMANJAKAN telinga orang yang mendengar hasil karyanya. Kadang Sound Enginner tidak berbicara mengenahi teknis dan teknis, namun pendekatan secara personal dan penyajian selera yang pas akan menjadi nilai tambah yang harus diketahui dan diminta oleh para pelaku musik / suara kreatif dengan balutan professional. Anak band tidak harus melulu menuntut murah, cepat, instan namun mereka mengerti betul apa yang mereka bayarkan untuk dapat memenuhi selera mereka yang hendak dimunculkan dalam CD oleh tangan dan telinga emas Sound Engineer.
Sound Enginner yang baik selalu memiliki selera yang bagus, up to date (baik teknologi dan perkembangan musik) serta bersifat solutif. Tidak cenderung pasrah, menjelek-jelekan klien dan rekan kerjanya, atau bahkan sok tahu dan menjilat dengan harga yang murah tanpa harus tahu selera apa yang sedang ia kerjakan.
Tanyakan kepadanya seberapa jauh Sound Engineer Anda mengusai dan “mengerti” musikmu, berapa lama ia kenal betul dengan hardware & software yang ia pakai, meskipun yang dia pake bukan versi yang terbaru. Tanyakan padanya tentang dukungan teknis dan saran solutif tentang musik yang Anda garap. Percayakan urusan teknis kepadanya, sampai Anda bilang, “inilah sound yang saya pengen”. Dan terakhir buatlah rencana kerja yang menarik dan asyik bagi kedua belah pihak.
So, apakah Anda kenal dengan baik Sound Enginner Anda? Atau kenal tarif murahnya saja?
Nista jika Anda menjawab tanya yang kedua.
Salam.

Posting Komentar

0 Komentar